NAMA: Sri Zulfa Muyasaroh
NIM: B04210009
Semeter/Kelas: 4/MD/D1
JAWABAN:
1.
Karena dengan mengelola dokumen akan memudahkan
kita dalam menemukan informasi yang dibutuhkan
dengan cepat, sehingga membantu proses menjadi lebih cepat, baik dan murah. (mengefektifkan
dan mengefisienkan). Dan juga untuk menjaga dokumen maupun arsip agar dapat
diakses dan digunakan sepanjang ada nilai kegunaannya, serta untuk membuat
informasi dari dokumen dan arsip, tersedia dalam format yang tepat, digunakan
oleh orang yang tepat dan dapat digunakan pada saat yang tepat.
2.
Dasar yang menjadikan dua model pengelolaan
arsip (life cycle model dan record continuum model) adalah karena adanya dorongan untuk memadukan
dua profesi yang sebenarnya mempunyai wilayah garapan yang sama yakni records
manager (ahli arsip dinamis) dan archivist (ahli arsip statis). Pada dasarnya
kedua model tersebut saling mendukung dan membantu dalam membentuk dan
membangun suatu manajemen arsip yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Model
life cycle dikembangan pada pertengahan abad ke 20 oleh beberapa penulis
archical/records managemen, khususnya yang berasal dari Amerika Utara. Model
ini secara nyata memisahkan fase (manajemen arsip dinamis dan manajemen
statis),Model records continuum ini mencoba menghilangkan batas antara
manajemen arsip dinamis dan manajemen arsip statis menjadi suatu keterpaduan
pengelolaan arsip sejak masa penciptaan hingga penyajian informasinya bagi
kepentingan publik.
3.
a. Perusahaan seharusnya tetap menggunakan
sistem sentralisasi, karena dengan sistem sentralisasi arsip akan lebih
terlindungi dan terpelihara dengan baik, dan akan selalu terjaga kerahasiaannya
( dokumen rahasia) karena wewenang keluar masuknya arsip hanya ada satu yaitu
terletak di pusat.
b. Untuk
mengurangi permasalahan maka pemeliharaan arsip benar-benar lebih di tegaskan
yaitu dengan mendata setiap dokumen yang keluar dan masuk, dan pengelolaan
arsip harus benar-benar ada di pusat, sehingga pusat menjadi sumber arsip
satu-satunya.
Faktor yang
harus di perhatikan dalam pengambilan keputusan ini adalah faktor keamanan dan
kerahasiaan dokumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar